9 Contoh Proposal Terlengkap dan Terbaik

Daftar Isi [Tampil]

contoh proposal
Contoh Proposal - Pada kesempatan kali ini saya akan memberikan beberapa contoh proposal terlengkap dan terbaik. Namun, kamu harus memahami terlebih dahulu apa sih proposal itu?

Menurut KBBI (kamus besar bahasa Indonesia) proposal adalah suatu rencana yang dituangkan dalam bentuk rancangan kerja, perencanaan secara sistematis, matang dan teliti.

Intinya proposal merupakan sebuah rancangan yang dibuat untuk suatu kegiatan, baik itu perlombaan, seminar, bantuan dana, dan kegiatan lainnya agar rencana yang telah dibuat dapat berjalan dengan lancar sesuai yang tertulis dalam proposal.

Tujuan Proposal

Proposal bertujuan untuk memperoleh izin dan persetujuan dari pihak lain mengenai rencana atau rancangan yang akan dilakukan. Proposal juga sering dibuat untuk permohonan dana atau sponsorship melalui kerjasama dengan pihak lain.

Fungsi Proposal

  • Dalam suatu kegiatan, proposal berfungsi sebagai dasar dalam melakukan tender, baik dari swasta atau lembaga pemerintah.
  • Dalam suatu kegiatan, proposal berfungsi untuk memberikan informasi mendetail mengenai suatu kegiatan ketika mengajukan bantuan dana untuk pelaksanaan kegiatan.
  • Dalam bidang bisnis atau usaha, proposal berfungsi sebagai gambaran dan proyeksi dalam mendirikan suatu usaha.
  • Dalam bidang penelitian umum, proposal berfungsi sebagai dasar untuk melakukan penelitian yang berkaitan dengan budaya, ekonomi, sosial, agama dan bidang lainnya.

Jenis - Jenis Proposal

  • Proposal Usaha/Bisnis

Proposal usaha atau bisnis adalah jenis proposal yang berkaitan dengan dunia bisnis dan rencana kerja, baik secara individu maupun kelompok. Jenis proposal ini dibuat untuk memberi gambaran usaha yang akan dikerjakan kepada pihak yang diajak kerjasama. Contohnya seperti proposal pendirian tempat usaha, proposal kerjasama antar perusahaan, dan sejenisnya.

  • Proposal Proyek

Proposal proyek adalah proposal yang berkaitan dengan dunia bisnis. Jenis proposal ini mirip dengan proposal usaha/bisnis. Bedanya proposal ini lebih fokus pada suatu proyek bisnis, pengajuan pembangunan dan sejenisnya. Contohnya seperti proposal proyek pendirian bangunan, proposal proyek izin pertambangan, proposal proyek pembangunan jalan dan sejenisnya.

  • Proposal Kegiatan

Proposal kegiatan adalah jenis proposal yang umumnya dibuat, baik secara individu ataupun kelompok. Tujuan proposal jenis ini adalah untuk menyelenggarakan sebuah kegiatan. Dengan adanya proposal kegiatan akan membantu dalam penyusunan rencana program kegiatan yang akan diadakan. Contohnya seperti proposal 17 agustus, proposal maulid nabi, dan sebagainya.

  • Proposal Penelitian

Proposal penelitian adalah jenis proposal yang digunakan dalam bidang akademis. Jenis proposal ini diajukan untuk melakukan riset dan penelitian tentang topik seputar ilmu pengetahuan. Contoh proposal jenis ini adalah proposal penelitian skripsi, proposal penelitian riset pengembangan, dan proposal penelitian untuk tesis.

Contoh Proposal Terlengkap

1. Contoh Proposal Penelitian

Download Proposal

2. Contoh Proposal Kegiatan

Download Proposal 

3. Contoh Proposal Usaha 

Download Proposal 

4. Contoh Proposal Skripsi

Download Proposal 

5. Contoh Proposal Permohonan Bantuan Dana

Download Proposal

6. Contoh Proposal Kegiatan Sekolah

Download Proposal

7. Contoh Proposal Bisnis

Download Proposal 

8. Contoh Proposal Membuka Peluang Usaha

Download Proposal

9. Contoh Proposal 17 Agustus

Download Proposal

Baca Juga: 7 Contoh Cover Proposal Sederhana & Terbaik

Itulah beberapa contoh proposal terlengkap. Semoga bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung.

COMMENTS

Nama

anbk,6,asuransi,1,Buku Digital,5,buku teks,14,Ciri teks,15,contoh,120,cpns2019,1,cv,5,Download File,1,games,4,juknis,9,jurnal,2,Kalender,153,kosp,4,Kuliah,14,laporan,14,makalah,3,modul,6,modul ajar,5,modul guru,10,osn,4,Pekerjaan,9,Pendidikan,94,pengertian,31,Permenpan RB,26,phbs,2,poster,3,PPT,64,proposal,7,prota,2,pts,16,resume,4,rpp,25,soal am,3,soal cpns,14,soal pas,15,soal pat,15,soal us,12,surat,17,template,3,template ppt,11,tips,6,usaha,3,
ltr
item
Mautidur.com: 9 Contoh Proposal Terlengkap dan Terbaik
9 Contoh Proposal Terlengkap dan Terbaik
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgS30gibi33epxzRy76qSzZMyhKk-K7mYkU6AVFu2abe59KJgWn5VWzFduaVySbO-Hv68RTV1F86RaKNLlZMfVDDUO2ggk9wE6VPnV-VFbtzEBnDXTnuxgtrdh6XR62GsZm8ywVdVYG0gQ/w640-h370/judul.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgS30gibi33epxzRy76qSzZMyhKk-K7mYkU6AVFu2abe59KJgWn5VWzFduaVySbO-Hv68RTV1F86RaKNLlZMfVDDUO2ggk9wE6VPnV-VFbtzEBnDXTnuxgtrdh6XR62GsZm8ywVdVYG0gQ/s72-w640-c-h370/judul.jpg
Mautidur.com
https://www.mautidur.com/2021/06/9-contoh-proposal-terlengkap-dan.html
https://www.mautidur.com/
https://www.mautidur.com/
https://www.mautidur.com/2021/06/9-contoh-proposal-terlengkap-dan.html
true
2310118337026904168
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All DIREKOMENDASIKAN UNTUK KAMU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content