2 Contoh Teks Anekdot Dialog Terbaik

Daftar Isi [Tampil]

Contoh Teks Anekdot - Pada kesempatan kali ini saya akan memberikan beberapa contoh teks anekdot dialog. Namun, kamu harus memahami terlebih dahulu apa sih teks anekdot itu?

Anekdot merupakan cerita singkat menarik yang sifatnya lucu dan mengesankan, biasanya mengenai orang terkenal dan berdasarkan kejadian yang sebenarnya.

Sedangkan untuk teks anekdot adalah cerita rekaan yang tidak harus berdasarkan pada kenyataan yang terjadi di masyarakat atau bisa juga terinspirasi dari kejadian nyata yang selanjutnya dijadikan bahan untuk cerita lucu dengan menambah unsur rekaan.

Anekdot umumnya digunakan sebagai kritik, namun tidak secara langsung. Saat ini teks anekdot tidak hanya ada di media cetak, melainkan ada juga di media sosial. Biasanya teks anekdot di media sosial berbentuk cuplikan dialog lucu atau berbentuk meme.

Ciri-ciri Teks Anekdot

  • Bersifat menghibur, namun tujuan utamanya untuk mengungkapkan kebenaran yang lebih umumnya
  • Sebagai media untuk menyampaikan kritik, pandangan, dan aspirasi positif ke masyarakat
  • Menampilkan karakter yang sering dilihat
  • Anekdot dekat dengan perumpamaan
  • Mengandung pesan moral

Tujuan Teks Anekdot

  • Sebagai saran penghibur
  • Sebagai saran pengkritik
  • Untuk membangkitkan tawa pembacanya

Struktur Teks Anekdot

Menurut Gerot dan Wignell (2004) struktur anekdot adalah sebagai berikut.

  • Abstraksi: Bagian ini berfungsi memberikan gambaran mengenai isi teks. Biasanya bagian ini akan menunjukan hal unik yang akan terjadi dalam teks.
  • Orientasi: Bagian ini akan menunjukan awal kejadian cerita peristiwa tersebut.
  • Krisis: Bagian ini bisa dimaknai sebagai saat terjadinya ketidakpuasan atau kejanggalan.
  • Reaksi: Cara penulis dalam menyelesaikan masalah yang timbul pada bagian krisis. Reaksi ini berkaitan dengan tanggapan dari kejadian sebelumnya.
  • Koda: Ini merupakan bagian simpulan mengenai kejadian yang diceritakan oleh penulis. Kode juga bisa disebut sebagai penutup.

Jenis-jenis Teks Anekdot

Menurut Luxemburg dkk. (1984:160), teks anekdot terdiri atas tiga jenis, yaitu dalam bentuk artikel, cerpen dan dialog.

  • Artikel

Anekdot ini dapat berbentuk format naratif. Teks anekdot yang menceritakan suatu hal, sehingga dalam ceritanya memiliki kejelasan alur, tokoh, latar dan peristiwa.

  • Cerpen

Anekdot cerpen menceritakan suatu hal yang tidak berbelit-belit supaya pendengar atau pembaca lebih cepat mengerti isi lelucon dalam cerita tersebut. Cerpen anekdot ini biasanya lebih singkat dari pada cerpen umumnya.

  • Dialog

Jenis teks anekdot yang terakhir adalah anekdot dialog. Teks anekdot dalam bentuk dialog menggunakan format drama yang mempunyai petunjuk lain. Teks anekdot ini ditampilkan dalam bentuk dialog dominan menggunakan kalimat langsung.

Kaidah Kebahasaan Teks Anekdot

Kaidah teks anekdot menurut Tim Kemendikbud (2013:111) adalah disajikan dalam Bahasa yang lucu dan berisi peristiwa-peristiwa yang membuat jengkel atau konyol bagi partisipan yang mengalaminya.

Contoh Teks Anekdot Dialog

Contoh 1

Contoh Teks Anekdot Dialog

Pada hari Sabtu suara bel tukang roti datang, dan Aldi memanggil abang tukang roti untuk mendekat. Kemudian abang tukang roti mendekat.

Aldi : "Bang jual roti apa aja ?"
Tukang Roti : "Ini bisa dilihat di kotak, banyak jenisnya dek."
Aldi : Ini roti rasanya gimana aja bang?
Tukang Roti : "Roti ini rasa mangga dek."
Aldi : "Kalau yang ini rasa apa bang?"
Tukang Roti : "Roti rasa strawberry dek."
Aldi : "Kalau ini rasa apa bang?"
Tukang Roti : "Ini rasa nanas dek."
Aldi : "Laaah, terus mana rotinya dek? saya mau beli roti masa dari tadi disebutinnya buah buahan, gimana sih bang, saya ga jadi beli deh kalau gitu."
Tukang Roti : Bengong dan tiba-tiba pingsan

Struktur dari teks anekdot tukang roti

1. Abstraksi : Pada hari Sabtu suara bel tukang roti datang
2. Orientasi : Aldi memanggil abang tukang roti untuk mendekat
3. Krisis : Laaah, terus mana rotinya dek? saya mau beli roti masa dari tadi disebutinnya buah buahan, gimana sih bang, saya ga jadi beli deh kalau gitu.
4. Reaksi : Bengong
5. Koda : Tiba-tiba pingsan

Contoh 2

Contoh Teks Anekdot Dialog

Abstraksi

Suatu ketika aku dan temanku SMP sedang reuni di salah satu kafe di Jakarta 

Orientasi 

Temanku bernama Sindy, ia terlambat ke kafe karena terjebak oleh hujan. Ketika itu hujan deras. Sindy menyapa teman-teman dan termasuk aku. 

Krisis 

Aku : "Hei Sindy, gimana kabarmu?"
Sindy : "Alhamdulillah baik, kamu sendiri gimana?"
Aku : "Baik Sin, apa iya kamu sehat sin kok kaya sakit sih?" 

Reaksi

Sindy : "iya baik kok, emang Aku kelihatan sakit apa gimana?"
Aku : "Kamu kelihatan lagi sakit sin, coba lihat badan kamu, kecil banget, bandingin sama badan aku"
Sindy : "Kayanya kamu deh yang lagi sakit? Kok kayak bengkak-bengkak gitu"
Aku : "Ini bukan bengkak, emang aku gendut" 

Koda 

Aku dan Sindy tertawa

Baca Juga: 12 Contoh Teks Anekdot Singkat dan Terbaik

Itulah informasi mengenai contoh teks anekdot dialog. Semoga bisa bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung.

COMMENTS

Nama

anbk,6,asuransi,1,Buku Digital,5,buku teks,14,Ciri teks,15,contoh,120,cpns2019,1,cv,5,Download File,1,games,4,juknis,9,jurnal,2,Kalender,153,kosp,4,Kuliah,14,laporan,14,makalah,3,modul,6,modul ajar,5,modul guru,10,osn,4,Pekerjaan,9,Pendidikan,94,pengertian,31,Permenpan RB,26,phbs,2,poster,3,PPT,64,proposal,7,prota,2,pts,16,resume,4,rpp,25,soal am,3,soal cpns,14,soal pas,15,soal pat,15,soal us,12,surat,17,template,3,template ppt,11,tips,6,usaha,3,
ltr
item
Mautidur.com: 2 Contoh Teks Anekdot Dialog Terbaik
2 Contoh Teks Anekdot Dialog Terbaik
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEj-Dkvens8LWuA49g4unuSINQDV1MvgTy2rco5CtXiEwOqYZOFiFLZeBLMsc-t9Xb_EUSi7fYX7j_nDYoTxc_zgFNjVaUDksztAn1QYpA-VsMvWR14EEs6qSkAk35j4s8qRxchGES7_xcU/w640-h372/1.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEj-Dkvens8LWuA49g4unuSINQDV1MvgTy2rco5CtXiEwOqYZOFiFLZeBLMsc-t9Xb_EUSi7fYX7j_nDYoTxc_zgFNjVaUDksztAn1QYpA-VsMvWR14EEs6qSkAk35j4s8qRxchGES7_xcU/s72-w640-c-h372/1.jpg
Mautidur.com
https://www.mautidur.com/2021/01/contoh-teks-anekdot-dialog.html
https://www.mautidur.com/
https://www.mautidur.com/
https://www.mautidur.com/2021/01/contoh-teks-anekdot-dialog.html
true
2310118337026904168
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All DIREKOMENDASIKAN UNTUK KAMU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content