4 Contoh Laporan Praktikum Sederhana & Terbaik

Daftar Isi [Tampil]

Contoh Laporan Praktikum - Pada kesempatan kali ini saya akan memberikan beberapa contoh laporan praktikum. Namun, kamu harus memahami terlebih dahulu apa sih laporan praktikum itu?

Laporan praktikum adalah jenis laporan yang dibuat berdasarkan kegiatan praktikum, baik itu dilakukan didalam ruangan atau diluar ruangan. Laporan ini dapat diketik atau di tulis tangan, tergantung instruksi yang diberikan.

Laporan praktikum digunakan untuk menjelaskan dan menganalisa prosedur percobaan yang dilakukan dan teknik analisis data yang didapatkan.

Sedangkan menurut Djamarah dan Zain, praktikum adalah proses pembelajaran tenaga pendidik kepada peserta didik untuk bisa melakukan dan mengalami sendiri mengenai materi yang dipelajari.

Ciri-ciri Laporan yang Baik

  • Bahasa Formal
  • Sistematis
  • Obyektif
  • Rapi
  • Jujur

Format Contoh Laporan Praktikum

Latar Belakang 

Bagian ini berisikan latar belakang percobaan atau penelitian yang dilakukan. 

Tujuan 

Bagian ini berisikan tujuan yang akan dicapai dari penelitian atau percobaan yang akan dilaksanakan, seperti untuk menemukan koordinat titik berat benda berbentuk bulat atau bisa yang lainnya. 

Landasan Teori 

Bagian ini berisikan hal-hal yang melandasi percobaan tersebut. 

Metodologi Percobaan

  1. Alat dan bahan
  2. Gambar alat dan bahan
  3. Langkah kerja
  4. Metode Percobaan

Data dan Analisa

  1. Data percobaan
  2. Analisa data

Pembahasan

  1. Metode dibahas kelebihan dan kekurangan
  2. Tinjauan terhadap data percobaan
  3. Tinjauan dan perbandingan terhadap referensi 

Kesimpulan 

Bagian ini berisikan kesimpulan yang didapat dalam percobaan yang telah dilakukan. Biasanya kesimpulan menjawab tujuan dari percobaan yang Anda lakukan. 

Daftar Pustaka 

Bagian ini berisikan daftar sumber yang Anda ambil, semua yang telah Anda kutip pada landasan teori harus Anda masukan kedalam daftar pustaka, jangan lupa juga penyusunannya menurut abjad. 

Lampiran 

Dibagian ini Anda hanya perlu menempelkan foto-foto yang sudah di print ke bagian ini. Bagian lampiran ini menjadi bukti bahwa Anda telah mengamati percobaan.

Contoh Laporan Praktikum

Contoh Laporan Praktikum

1. Contoh Laporan Praktikum Fisika

 

DOWNLOAD

2. Contoh Laporan Praktikum Kimia

 

DOWNLOAD

3. Contoh Laporan Praktikum Komputer

 

4. Contoh Laporan Praktikum Biologi

 

DOWNLOAD

Baca Juga:

Itulah beberapa contoh mengenai laporan praktikum sederhana. Semoga bisa bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung.

Source: ulm.ac.id | studocu.com | academia.edu | 123dok.com | hajarfisika.com | penelitianilmiah.com

COMMENTS

BLOGGER: 4
  1. Terimakasih gan, ini yang ane cari-cari.

    BalasHapus
  2. Syukran wa jazakillah khayr, ngebantu ane banget ngerjain laporan praktik fisikanye^^

    BalasHapus

Nama

anbk,6,asuransi,1,Buku Digital,5,buku teks,14,Ciri teks,15,contoh,120,cpns2019,1,cv,5,Download File,1,games,4,juknis,9,jurnal,2,Kalender,153,kosp,4,Kuliah,14,laporan,14,makalah,3,modul,6,modul ajar,5,modul guru,10,osn,4,Pekerjaan,9,Pendidikan,94,pengertian,31,Permenpan RB,26,phbs,2,poster,3,PPT,64,proposal,7,prota,2,pts,16,resume,4,rpp,25,soal am,3,soal cpns,14,soal pas,15,soal pat,15,soal us,12,surat,17,template,3,template ppt,11,tips,6,usaha,3,
ltr
item
Mautidur.com: 4 Contoh Laporan Praktikum Sederhana & Terbaik
4 Contoh Laporan Praktikum Sederhana & Terbaik
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiOYZfspT-sVbRjoRpMuD5b07LLpkxkA_ltH5RLiGXXHp02AW4uducorZbMssBHesR3y8rQrtCD-OxoBwsYkOcQ8aaCZpR0OMMhYGNdDT2kpkd117ulJ3SZNWuhSmCkmTkQTolhH0j1p6g/w640-h384/judul.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiOYZfspT-sVbRjoRpMuD5b07LLpkxkA_ltH5RLiGXXHp02AW4uducorZbMssBHesR3y8rQrtCD-OxoBwsYkOcQ8aaCZpR0OMMhYGNdDT2kpkd117ulJ3SZNWuhSmCkmTkQTolhH0j1p6g/s72-w640-c-h384/judul.jpg
Mautidur.com
https://www.mautidur.com/2021/01/contoh-laporan-praktikum.html
https://www.mautidur.com/
https://www.mautidur.com/
https://www.mautidur.com/2021/01/contoh-laporan-praktikum.html
true
2310118337026904168
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All DIREKOMENDASIKAN UNTUK KAMU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content